Skip to content

Wisata ke Jepang, sekali dalam seumur hidup, WAJIB..!!

November 2, 2012

Judul di atas sedikit provokatif walaupun kenyataannya demikian. Saya sendiri merasakan bahwa dengan dana yang memang tidak sedikit untuk berlibur ke Jepang (Jepang adalah salah satu negara dengan tingkat biaya kehidupan tertinggi di dunia) , manfaat serta pembelajaran luar biasa setara dengan expense yang dikeluarkan.

Kenapa bisa dikatakan manfaatnya sebanding dengan biaya perjalanan? Berapa estimasi biaya makan di sana? transportasi? penginapan, dll? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan saya coba sharingkan dengan rekan-rekan yang mungkin berniat travelling ke Jepang dalam waktu dekat.

Saya dan rekan berangkat ke Jepang tanggal 19 – 27 Oktober 2012 transit via Kuala Lumpur. Di luar perjalanan, total kami berada di Jepang selama 7 hari dengan mengunjungi 3 kota yaitu Tokyo, Kyoto, dan Osaka.

Tokyo merupakan pusat kota bisnis dengan banyak tempat wisata yang menarik. Inilah kota yang berdasarkan survey dari biro konsultasi AS, Mercer, tahun 2012 menduduki puncak peringkat kota termahal di dunia. Osaka sendiri menurut survey ini berada pada urutan ke-3 sebagai kota termahal di dunia. Jadi wajar bila biaya kehidupan menjulang tinggi, sebanding dengan pendapatan warganya. Sedikit perbandingan, pendapatan orang Jepang yang berprofesi sebagai guru SMA rata-rata bila dikurskan ke dalam rupiah sekitar Rp. 800 Jt/tahun (±80 Jt/bulan), sedangkan untuk sopir taxi sekitar Rp. 400 Jt/tahun (±40 Jt/bulan). Bayangkan bila anda bekerja sebagai seorang professional employee di Indonesia dengan gaji katakan sekitar 10Jt per bulan, maka bila pendapatan ini hendak dibawa ke Jepang, bahkan dengan seorang penjaga minimarket pun masih kalah.

Jadi, sebelum ke Jepang, prepare untuk segala sesuatunya. Buat persiapan matang agar tidak banyak biaya tak terduganya. Jangan lupa, mental dikuatkan sebelum ke Jepang, sehingga sampai di sana jangan sampai terus menggerutu dengan harga.

Namun kalau boleh jujur dan fair, dengan semua biaya yang harus dikeluarkan, percayalah, sangat worth it untuk mengunjungi Jepang, minimal sekali seumur hidup. Pembelajaran akan attitude, sistem transportasi makro, tata kelola kota, dan lain lain, ada semua di sini. Di sinilah kota yang penduduknya sangat modern, fashionable, namun sangat kuat dalam hal etika sopan santun, disiplin,  hard work, serta hal-hal positif lainnya. Dengan melihat karakter orang Jepang, setiap orang akan menyadari kenapa bangsa ini bisa maju, dan begitu banyak negara di dunia yang belajar ataupun melakukan studi banding ke negara ini.

Dalam tulisan berikut saya akan bahas bagaimana attitude penduduk Jepang, biaya kehidupan di sana baik transportasi, makanan, dll, serta tempat-tempat wisata yang wajib dikunjungi…

So, pack your bags.., get yourself prepared, and happy travelling to Japan……!!
(to be continued)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: