Skip to content

TMS – Hari ke-0, (Masa Persiapan….)

June 6, 2011

Hal penting sebelum bepergian ke sebuah daerah wisata adalah mencari informasi lokasi-lokasi menarik yang mungkin dapat diakses dalam waktu yang “terbatas”. Rujukan buku panduan (Fully thanks to Claudia Kaunang – your book was really helpful), blog backpackers yang telah sebelumnya mendarat ke daerah yang akan kita tuju, dan info dari rekan milis akan sangat membantu sebagai panduan.

Setelah merangkum semua info yang ada, buat itinerary (ringkasan jadwal perjalanan), dan bila mau sedikit repot, tambahkan anggaran biaya (budget) yang diperlukan. Hal ini akan memudahkan untuk mengetahui berapa nominal dana yang diperlukan dalam setiap mata uang, plus contingency cost nya (dana tak terduga).

Langkah pertama sebagai langkah action, tentu saja, beli tiket pesawat… !!!
Pembelian tiket sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari dengan melihat harga promo yang ditawarkan oleh operator pesawat terbang. Air asia, dan (sebelumnya) Mandala adalah armada pesawat terbang yang sering menawarkan opportunity untuk harga penerbangan murah. Namun tidak menutup kemungkinan operator “premium” seperti Garuda dan Singapore Airlines memberikan penawaran harga promo, walaupun “biasanya” harga promonya tetap tinggi (ada harga ada barang adalah prinsip utama).

Lakukan booking online, karena bila pembelian dilakukan di agen, maupun kantor resmi, promo murah sering tidak berlaku. Persiapkan kartu kredit, karena pembayaran hanya menerima visa ataupun master credit card. Sebaiknya lakukan pembelian tiket return (PP) untuk meyakinkan pihak imigrasi bahwa kita akan “pulang” dan tidak menambah beban di negara orang dengan menjadi tenaga imigran.

Pemesanan hotel/hostel/guest house dapat dilakukan dengan melakukan booking di situs-situs internet seperti hostelbookers.com, hostelworld.com, dll. Cari referensi hostel yang cukup nyaman dan aman bagi penghuninya.
Biasanya kita akan diminta melakukan pembayaran down payment 10% dari harga keseluruhan menggunakan visa atau master dari credit card.
Bagi yang tidak memiliki kartu kredit, “minta tolong” dari teman, saudara, ataupun pasangan pada umumnya tidak ada masalah, namun ada sebagian kecil hostel yang akan meminta persetujuan by email dari yang empunya kartu kredit, sedikit merepotkan

Jangan lupa untuk menukarkan mata uang rupiah ke sejumlah mata uang negara yang akan dituju. Biasanya rate Money Changer/Exchange di sejumlah tempat tertentu di Jakarta lebih kompetitif dibandingkan di negara lain. Contingency cost (dana tak terduga) sebaiknya dalam mata uang USD Amerika. Lebih universal, dan pasti ada dimana-mana.

Untuk membungkus pakaian, dan barang-barang lainnya, sangat disarankan untuk memiliki tas backpacker dengan volume yang cukup besar namun tetap enak untuk dibawa kemana-mana. Sekedar saran, untuk merk lokal, eiger cukup handal digunakan. Namun bila ingin menggunakan tas backpacker impor, produk Deuter dari Jerman sangat recommended..!! Saran saya beli yang volume 38 liter. Cukup pas untuk proporsi tubuh orang Indonesia. Persiapkan juga tas kecil (tempat passport, pocket camera, uang) yang akan dibawa kemana-mana.

Setelah semua terselesaikan, jangan lupa untuk mencetak lembar tiket pesawat, dan booking hostel. Persiapkan hal-hal kecil seperti paspor, kamera, peta lokasi, dan tentu saja “uang” yang telah ditukar di money changer.

Setelah semua persiapan selesai, get ready to move on…!!!

Rincian biaya hari ke-0
Tiket Jakarta – Bangkok : Rp. 738.000,-
Tiket Singapura – Jakarta : Rp. 61 SGD = ± Rp. 420.000,- (Sudah termasuk Airport Tax)

Total Biaya Hari ke – 0 : Rp. 1.158.000,-

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: