Skip to content

Bali (3)

May 9, 2009

1. Nusa Dua

Tanpa ingin membuang waktu, saya dan rekan memutuskan untuk pagi ini di hari ketiga di Bali, berangkat menuju Nusa Dua khusus untuk melakukan paket “Water Sport”.

Ah kawan, bukan pagi seperti yang anda bayangkan, pagi di sini adalah pagi sebangunnya saya. Jam 11 tergolong pagi jika saya bangunnya jam segitu, dan ini hanya terjadi pada saya. Rekan saya selalu bangun pagi semalam apapun tidurnya.

Paket “Water Sport” di Nusa Dua menawarkan beragam olahraga air dengan harganya yang juga bervariasi tergantung penawaran dari tur. Beberapa jenis olahraga ataupun paket rekreasi yang bisa dimainkan antara lain : parasailing, banana boat, jet ski, fly fish, diving, snorkeling, glass bottom boat, turtle farm, dan masih banyak lagi yang lain. Beberapa paket olahraga & rekreasi lain tidak saya sebutkan seperti paket cruise karena menilik harga yang ditawarkan mending saya gunakan untuk bermalam di Novotel (mencapai > 80 US$).

Sungguh kawan, punya rekan yang bekerja di bidang pariwisata sangat membantu untuk mendapatkan beragam harga yang murah. Pada akhirnya saya dan rekan mendapatkan paket olahraga & rekreasi parasailing, jet ski, banana boat, dan fly fish dengan harga Rp. 350.000,- (jauh lebih murah dibanding paket yang ditawarkan tur lain Rp. 465.00,-).

Sekedar tips, jauh lebih baik untuk mengambil paket dibandingkan membayar per jenis olahraga karena harga menjadi jauh lebih mahal. Sekedar contoh, rate parasailing Rp.125.000,-, jet ski : Rp. 200.000,-.

Sayang sekali, kami tiba di pantai Nusa Dua pada siang hari (jelas faktor bangun pagi penyebabnya). Air sedang surut sehingga parasailing tidak dapat kami lakukan. Jadilah paket olahraga tersebut diganti dengan rekreasi glass bottom boat + turtle farm.

a. Banana Boat

Banana boat merupakan jenis rekreasi menggunakan perahu karet berbentuk seperti pisang yang ditarik oleh kapal motor. Kapasitasnya sendiri maksimal 6 orang plus seorang guide yang berada paling depan guna mengontrol keseimbangan perahu. Berada dalam banana boat memang memiliki sensasi tersendiri. Sayangnya setelah mengitari pantai Nusa Dua sekitar 10 menit, terbersit tanda tanya, kenapa banana boat ini tidak jatuh? Apakah 1 orang penjahat + 1 orang lugu + 4 warga Korea menjadi sangat kompak sehingga perahu ini tidak jatuh?? Ternyata jika ingin sedikit berendam di laut kita harus meminta sang guide untuk menjatuhkan banana boat sebanyak yang kita minta biasanya 2 atau 3 kali. Jika tidak ada request, biasanya sang guide sungkan (tidak tega) untuk menggoyangkan banana boat.

Sekedar tips, bagi rekan-rekan yang ingin merasakan sensasi menaiki banana boat, mintalah sang guide untuk menjatuhkannya dan rasakan sensasi teriakan-teriakan maut, atau mungkin tubrukan-tubrukan yang sangat mungkin mengakibatkan sedikit keseleo (pengalaman seorang rekan yang cidera akibat dijatuhkan dari banana boat).

b. Fly fish

Sebuah perahu karet yang memiliki kapasitas 2 orang penumpang ditarik oleh sebuah kapal motor sehingga berada di ketinggian sekitar 15 – 20 meter dari permukaan air laut selama beberapa saat. Itulah permainan fly fish yang memang sangat sensasional terutama bagi yang baru merasakan permainan ini pertama kalinya. Yang saya salut dalam fly fish adalah guide yang menemani saya dan rekan dalam permainan ini. Begitu kuat dan fearless..!! Mungkin sudah menjadi pekerjaan dia sehari-hari sehingga hanya dengan memegang satu ikatan dengan satu tangan dia mampu untuk mengawal penumpangnya yang jelas-jelas memegang 2 ikatan dengan kedua tangan seakan-akan besok mau kiamat.

Cukup sulit mendeskripsikan dengan kata-kata sensasi bermain fly fish, apalagi pengambilan foto sangat sulit dilakukan kecuali anda adalah golongan pemberani seperti pasukan dalam film 300 sehingga mampu memegang ikatan dengan satu tangan dan tangan lain memegang kamera. Selama beberapa saat di udara kita dapat memandangi keindahan pantai Nusa Dua dari sudut ketinggian tertentu.

Sayang sekali permainan ini hanya berlangsung selama 2 putaran dengan lama waktu kurang lebih 10 menit. Permainan ini menjadi terasa sangat singkat jika anda menikmatinya. Namun bagi penganut acara fear factor, 2 putaran ini akan mengocok perut anda dan membuat anda berteriak meminta guide segera mendaratkan perahu ke tepi pantai.

c. Jet Ski

Jet ski @ Nusa Dua

Jet ski @ Nusa Dua

Saya kira hampir semua orang sudah paham dengan olahraga air yang satu ini. Bagi yang baru akan pertama kali mencobanya jangan khawatir, seorang guide akan memandu anda dari belakang. Walaupun anda cukup lihai mengemudikan motor air ini, sudah menjadi standar perusahaan seorang guide harus tetap menemani.

Olahraga ini mewajibkan anda untuk percaya bahwa motor air ini aman dan tidak akan membuat anda terjatuh. Kecepatan beradapatasi dengan percikan ombak menjadi kunci untuk dapat memacu kendaraan sekencang mungkin.

d. Glass Bottom Boat & Turtle Farm

Kedua jenis aktifitas di atas merupakan satu paket yang hanya berupa rekreasi.

Glass bottom boat adalah perahu yang didesain dengan kaca berada di bagian tengah dengan maksud untuk melihat ikan yang berada di bawahnya. Jangan lupa untuk membawa roti yang akan digunakan untuk memancing ikan mendekati perahu.

Sayang sekali hari sudah sore dan pantai sedikit kabur sehingga ikan yang kelihatan pun tidak banyak.

@ Turtle Farm

@ Turtle Farm

Hanya sesaat berada di tengah laut memberi makan ikan dengan roti, perahu motor segera beranjak menuju lokasi peternakan penyu (turtle farm). Lokasi peternakan penyu berada pada sebuah pulau yang lokasinya tidak jauh dari Nusa Dua, sekitar setengah jam lama perjalanannya.

Peternakan penyu ini ternyata tidak hanya memiliki hewan penyu sebagai daya tariknya. Di sini terdapat beberapa spesies hewan langka lain seperti iguana dan elang yang menjadi daya tarik tersendiri. Satu hal yang cukup mencengangkan, penyu-penyu ini ternyata dapat bertahan hingga puluhan bahkan mungkin ratusan tahun. Seekor penyu tertua yang kami temui berusia 70 tahun. Wow pastinya di usia segitu sudah tidak mungkin dia diijinkan untuk party di paddy’s café (apa hubungannya???).

FYI

–         Retribusi masuk : –

–         Harga satu paket rekreasi di atas Rp. 350.000,-

–         Tiap-tiap tour menawarkan price yang berbeda, carilah yang termurah dengan membeli secara paket sekaligus.

2. Padang-padang

Lokasi pantai padang-padang dapat ditempuh kurang lebih setengah jam dari Nusa Dua. Kita akan melewati terowongan kecil dengan beberapa anak tangga sebelum mencapai pantai yang sepertinya belum begitu populer di kalangan tourist.

Pantai ini menawarkan keindahan karang dan pasir putihnya. Ombaknya pun cukup baik dan sepertinya sangat menyenangkan untuk berenang di tepi pantai (sayang sekali tidak membawa baju ganti).

Ah, pengakuan, aksi beach boy pun akhirnya kusaksikan live di sini. Memang hebat para beach boy Bali ini. Rayuannya mampu menggetarkan korban-korbannya yang memang mayoritas tourist mancanegara. Sungguh merupakan mahaguru bagi anda yang ingin belajar menjadi seorang playboy sejati.

FYI :

–         Retribusi masuk : –

–         Parkir : Rp. 1000,-

3. Dream Land

Pantai Dream land hanya berjarak kurang lebih 15 menit dari lokasi pantai Padang-padang dengan melewati jalan Pecatu Resort.

Mantap kawan..!! Mungkin bisa saya katakan ini pantai terindah dari beberapa pantai yang saya kunjungi di Bali. Ombaknya sangat baik bagi para surfer level intermediate-advanced denga tinggi ombak mencapai lebih dari 3 meter.

Beberapa renovasi dan perombakan pun terlihat dari pantai ini, sangat baik bagi anda kaum pecinta laut dan pantai. Sayang sekali waktu sudah beranjak malam sehingga yang bisa dilakukan hanyalah beranjak mengangkat kaki dan membayangkan berapa kira-kira price untuk stay di lokasi Pecatu Resort yang katanya dimiliki oleh Tomy soeharto ini.

FYI :

–         Retribusi masuk : Rp. 5.000,-

4. Jimbaran

Inilah lokasi terbaik bagi rekan-rekan yang ingin merayakan sebuah event tertentu dengan pasangan. Candle light dinner di tepi pantai ditemani alunan musik dari pemain-pemain musik akustik, sungguh sebuah nuansa yang sangat touching. Mungkin jika anda melamar pasangan anda di tempat ini dan jawabannya adalah ‘sorry, I can’t”, berarti jelas itu semua adalah faktor wajah dan ketidakberuntungan. Percayalah, jika soal mood, tempat ini paling pas untuk membangkitkan mood seseorang.

Candle Light Dinner @ Jimbaran, Gorgeous...!!!

Candle Light Dinner @ Jimbaran, Gorgeous...!!!

FYI :

–         Retribusi masuk : Free

–         Dinner : ± 300 rb untuk 3 orang (tergantung pemesanan)

6 Comments leave one →
  1. Evie permalink
    May 11, 2009 1:02 pm

    detail banget deskripsinya. makasih ya, bisa masuk list of destination saya kalau ke Bali nanti. candle light dinner di Jimbaran? tidak akan saya lewatkan😀

  2. odusnatan permalink*
    May 13, 2009 1:36 am

    Wah, lebih detail lagi kalau ke sana langsung bu. Banyak hal yang sulit diungkapkan dengan tulisan. Langsung bu, tancap gas, Bali menunggumu. Yang penting jangan pada saat peak season Juli-Agustus atau desember. Hotel rata2 penuh dan mahal,… Oke bu……..!!

  3. David permalink
    May 30, 2009 11:22 pm

    nice blog ^^
    btw mao nanya paket yg Rp.350rb itu pake paket water sport di tour mana ya?(saya mao ke bali akhir juli)
    bole minta referensi no telp-nya or contact personnya?
    thx for a helpfull review..

  4. odusnatan permalink*
    May 31, 2009 9:38 am

    Mas David, thx for the visit. Saya agak lupa nama tour kemarin, saya kasih no contact rekan saya saja di sana yang kerja di tour tersebut. Mas David bisa segera contact beliau segera biar bisa diarrange masalah penginapan ataupun tour di Nusa Dua jika ingin paket water sport saja.
    Sekedar saran, Jgn lupa segera book hotel karena Juli-Agustus merupakan musim peak season sehingga rate hotel maupun paket wisata biasanya lebih tinggi.
    Thx.

    CP : Ferdinand
    Phone number : 081936200647

  5. June 19, 2010 12:02 pm

    salam kenal, nice info tentang balinya.. bisa buat referensi bulan depan .. thx

  6. June 7, 2011 5:08 am

    heeemmmm, appreciate….
    keren blognya, mengupas tentang bali dan membuat saya ingin kesana lagii, walopun sudah beberapa x tapi ngangenin…..
    jempol pokoknyaaa…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: