Skip to content

Berat bener…..

February 4, 2009

Nah dari judul di atas banyak pertanyaan yang muncul. Kamu punya masalah dus??? Apa masalahmu berat sekali??? Sebenarnya yang mau dibicarakan bukan berkaitan dengan berat dalam arti kiasan, tapi dalam arti sebenarnya.

Overweight, ini dia biang masalahnya…….. Sampai sekarang berat badan ini sudah melebihi ambang batas yang ditolerir oleh SNI (masa sih……….??).

Menurut standar perhitungan berat badan ideal, dengan tinggi ± 167 cm maka berat badan ideal adalah ± 60 kg. In fact, sekarang sudah 77 kg (busyet lo dus…….., 17 kg man?????).

He…..2, apakah bermasalah dengan berat tersebut??

Tentu iya, jalan semakin berat. Kedua kaki ini terasa makin lemah menopang beban di atasnya.

Terus solusinya gimana???

Hanya ada satu solusi yaitu olahraga..!!!! Makan sebenarnya sudah tidak getol seperti dulu. Sekarang kalau makan hanya satu sampai dua sendok nasi rice cooker, yah sekali-sekali sih nambah (he…., jadi rasa bersalah), gimana tidak nambah kalau makannya sate kambing + ayam kecap + cumi, tapi itupun sudah kukurangi saat ini.

Teringat dulu ketika SMU, porsi makan sangat mengerikan. Makan pagi sekali jam 6 berarti pasti kelaparan jam 8 di sekolah, sekali nambah berarti lapar jam 10, dua kali nambah berarti lapar jam 12. Sehingga total dalam sehari bisa makan 6-9 piring nasi (gileeee……, lapar atau hobi tuh???). Tapi entah kenapa badan tetap saja kurus, dan berat tak pernah lebih dari 60 kg. Berarti dulu konsumsi yang tinggi dibarengi dengan jumlah pengeluaran kalori yang sama banyaknya, jadilah balance. Sepertinya hal ini yang harus dilakukan, melakukan kegiatan-kegiatan yang menguras kalori berlebih, yaitu olahraga, bukan olahrasa, apalagi olahraba.

Tiga minggu lalu olahraga mulai dipraktikkan. Dengan membeli jump rope (semacam tali yang digunakan untuk berlompat-lompat ria) dari Banjarmasin, sore itu olahraga dimulai dengan warming up, jumping, push up & sit up, closing. Weissss, dimulailah babak baru di dunia kesehatan. Dengan semangat ’45, sesi bangun pagi langsung diisi dengan paket olahraga yang sama dengan sore selama 30 menit. Fiuuhhh…….. sangat melelahkan, tapi sangat menyegarkan terutama setelah mandi. Nah mulailah komitmen untuk terus berolahraga minimal tiap pagi atau sore hari.

Hari berganti malam dan saat inilah yang paling tak kuduga. Seluruh badanku menjadi kaku dan sakit yang luar biasa. Demam dan panas mulai menjulur ke sendi-sendi. Jadilah selama beberapa hari terkapar tak berdaya.

Menyerahkah engkau dus????

Tentu tidak. Setelah 3 minggu program olahraga tertunda akibat sesuatu yang kunamakan sport shock, mulailah saat ini untuk rekomitmen (berkomitmen ulang). Sudah 3 hari ini (per tanggal 1 Februari) program olahraga mulai dijalankan kembali. Sudah ada hasilnya???? Ya jelas belumlah. Minimal target adalah jangan sampai berat semakin bertambah. Dalam 1 bulan ke depan target penurunan berat sebesar 4 kg. So, let’s check it out……, per tanggal 1 Maret ke depan berat badan sudah harus menduduki posisi 73 kg di timbangan (yang penting jangan timbangan beras). Mudah-mudahan saja dapat tercapai.

Ayo semangat man, you can make it…….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

8 Comments leave one →
  1. February 5, 2009 7:22 am

    semangat ya, Natan………. ^_^

  2. luvlyly4 permalink
    February 5, 2009 7:22 am

    huaaa 77 dus??
    ckckck, selisih 30 kg ma gw..busett..

  3. odusnatan permalink*
    February 5, 2009 9:09 am

    @ Aurel :
    Thx ya Rel, mohon doanya,……

    @Cut :
    Wah klo selisih 30 kg berarti dengan satu tangan doank bisa kuangkat dirimu cut……..

  4. Evie permalink
    February 6, 2009 10:41 am

    Saya dukung Pak Odus dalam usahanya menurunkan berat badan. CAYO, SEMANGAT.! Pilihlan Odus, Caleg No.1 Kabupaten Merauke dari partai Gerindra😀

  5. odusnatan permalink*
    February 7, 2009 3:16 am

    @Evi :
    Thx ya bu atas dukungannya, tapi jgn berupa dukungan politik, kagak ikut caleg, apalagi gerindra, he…2.
    Coba dicek per tgl 1 Maret apakah sesuai target atau tidak……………

  6. Ulie permalink
    February 12, 2009 2:10 pm

    sumangaaaadh…sumangaaaadh berjuang ya pak…

  7. odusnatan permalink*
    February 13, 2009 5:34 am

    Siap bu Ulie, thx atas dukungannya, btw kayaknya sekarang ud 75 kg, yah mudah2an bisa turun segera. Tapi tantangannya berat, perasaan di sini makanannya enak terus, berat bener……!!!! Butuh komitmen yang lebih kuat lagi….!!!

  8. Ulie permalink
    February 13, 2009 7:46 am

    Ciayooo..you can do it🙂 hiduuupp…Natan!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: