Skip to content

Home Sweet Home

January 25, 2009

Beberapa hari ini saya selalu berpikir mengenai rencana-rencana terdekat yang harus segera dieksekusi. Sampai sekarang saya selalu berpikir untuk membeli sebuah unit rumah dan memulai bisnis kecil-kecilan. Masalah bisnis sudah saya bicarakan di tulisan-tulisan sebelumnya, jadi masalah rumah akan saya kupas setajam “Kapak”.

Sejujurnya membeli sebuah unit rumah bukanlah persoalan yang mudah. Beberapa hal harus dijawab sebelum menentukan rumah seperti apa yang diinginkan.

Tujuan Membeli Rumah

Beberapa orang bertujuan untuk berinvestasi ketika membeli rumah. Yah memang sih dilihat returnnya, investasi rumah sangat menjanjikan. Rata-rata pertahun sekitar 20-40%, bahkan ada yang 100%. Sangat menggiurkan memang, tapi investasi seperti ini tidak cukup liquid, artinya sewaktu-waktu mau diuangkan tidak mudah karena harus mencari buyernya dulu.

Saya pribadi murni untuk mencari sebuah gubuk beratap untuk tempat saya berteduh ketika cuti (wong rumah pribadi saja belum punya bagaimana mau berinvestasi..??).Setiap 8 minggu kerja saya cuti 2 minggu, pertanyaannya mau tinggal dimana ketika cuti?? Nah selama ini kan numpang tuh, kan tidak mungkin numpang terus….. Jadinya “wajib punya rumah”.

Lokasi rumah yang diinginkan..

Untuk menjawab pertanyaan ini seharusnya dikonsultasikan dulu dengan istri. Dikarenakan belum berkeluarga, dan sampai sekarang belum ada yang tertarik mengarungi bahtera rumah tangga bersama saya (kasihan banget lo dus……) maka saya memutuskan untuk membeli rumah nantinya di Jogja.

Lho kok Jogja??

Simpel saja, saya menghabiskan 4 tahun lebih sewaktu kuliah dan POH (Point Of Hire = lokasi cuti yang ditanggung pihak perusahaan) adalah di Jogja. Jogja membuat saya merasa begitu nyaman dengan keramahtamahan masyarakat lokal. Barang-barang pun cukup murah terutama makanan (Dasar tukang makan…)

Kenapa tidak Merauke???

Wah kayaknya belum dulu deh, kecuali saya kerja di sana. Sangat tidak mungkin untuk setiap kali cuti balik ke Merauke, berat diongkos……..

So, the answer is Jogja.

Di Jogjanya dimana?????

Weis, yang pasti tidak di pusat kota (karena pasti sangat mahal) dan tidak berada di daerah selatan (mendekati Bantul dan sekitarnya), panas banget……

Jadi kesimpulannya di Jogja bagian utara, yah mungkin mendekati x-urang, minimal daerah ring road utara.

Tipe dan Harga

Saya sangat maniak dengan tipe minimalis. Apa karena lagi booming???? Ga juga, dengan tipe minimalis berarti bisa lebih berhemat (karena memang minim sekali item-itemnya, he……). Sebenarnya masalah utama adalah agar mata ini lebih lapang melihatnya. Bayangkan dimana-mana ada barang, weis jadi pusing sendiri lihatnya.

Mau tipe berapa ndok??? 60, 45, 36, 21….????

He…. Ini dia masalahnya, maunya sih tipe 60 an atau lebih, cuman harus sadar diri dan kembali mereview budget yang dipunya.

Apa sampean punya duit cash untuk beli rumahnya????

Tentu saja belum, untuk itulah kemungkinan terbesar adalah membeli sebuah unit rumah dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Permasalahan utama adalah tingginya bunga KPR saat ini (sekitar 14-17%) dan nominal DP yang harus dibayarkan. Sebagai contoh jika sebuah rumah bernilai 250 jt maka minimal saya harus menyediakan 80 jt untuk DP belum termasuk biaya-biaya administrasi (sekitar 10 jt) sehingga minimum total cash adalah 90 jt. Wah sebuah angka yg cukup tinggi bagi seorang karyawan seperti saya.

Untuk itulah saya membuat target dalam setahun harus mampu memenuhi nilai DP yang dimaksud dengan berharap pada saat dananya sudah cukup, nilai bunga KPR sudah turun di kisaran 10-11%.

Saya sangat berharap rencana ini bisa terealisasikan segera, sebuah rencana yang harus saya buktikan dengan menabung, doa, dan terus giat bekerja…….

Semangat……!!!!

6 Comments leave one →
  1. Evie permalink
    January 28, 2009 10:32 am

    Wah, judulnya membuat saya kepengen. Hmm, kalau melihat analisa kondisi saat ini adalah, tetap menabung, sambil menunggu uangnya cukup untuk DP dan bunga KPR menurun (ga tau deh sepanjang 2009 ini perekonomian akan membaik atau tidak). Dan begitu uangnya mencukupi, langsung ambil KPR. Dengan “memiliki” tanggung jawab untuk membayar angsuran, secara tidak langsung akan menjadi motivasi untuk giat bekerja. Dan yang terpenting, uangnya tidak lari ke hal-hal yang tidak2… (tau kan maksud saya? hehe😀 )

    Mengenai calon pendamping, saya kira untuk seseorang sebaik dan se cerdas Pak Odus, tidak akan sulit. Tinggal pilih saja. Apalagi kalau sudah punya rumah, akan lebih mudah lagi mencari istri. Semangat terus ya!!😀

  2. odusnatan permalink*
    January 29, 2009 4:32 am

    Betul sekali, dengan punya target mudah2an uangnya bisa ditabung dan digunakan untuk yang bukan “tidak-tidak”.
    Soal pendamping, wah doakan ya mudah2an bisa dapat yang terbaik, klo boleh dicariin atuh, he…..

  3. January 30, 2009 7:39 am

    Selamat menabung, ya….
    Tabungan dan deposito yang paling oke bunga-nya ya Bukopin. 10%….
    Ambil saja yang 3 bulanan. Daripada di bank biasa. Tapi tentu harus punya tabungan biasa…. untuk transaksi sehari-hari…. Lebihnya sementara masukkan ke deposito dulu.
    Atau kalau merasa rugi, ya beli emas aja… Pasti naik….
    Jangan ditaruh di saham…
    Lebih baik beli ORI (obligasi ritel) saja… Lumayan bunganya…🙂
    Semoga bisa punya rumah yg diidamkan

  4. odusnatan permalink*
    January 30, 2009 7:54 am

    Beli ORI?? maksudnya bukan aurel kan?? he…2
    Siap bu, memang deposito berjangka lumayan dari pada hanya nabung di account biasa. ORI 5 ud lewat, harus nunggu lagi, klo saham, yah biasalah bu, high risk high return.
    Terima kasih banyak dukungannya, jgn lupa dicariin ya, siapa tau ada perumahan yg bagus dan belum mahal (karena pasti akan naik, sebelum telat).

  5. daNiel permalink
    December 17, 2009 9:47 am

    jangan lupa bos kalau sudah terwujud rumah barunya syukuran & udang niel ya!!
    GOOD LUCK.
    *JLU*

  6. odus natan permalink*
    December 18, 2009 2:57 pm

    Siap nil.., amin.. mohon dukung dgn doa ya…!!

Leave a Reply

