Skip to content

Dinamika masyarakat tambang…

February 22, 2009

Beberapa hari terakhir ini saya mengalami masalah yang cukup melelahkan, harus menyelesaikan masalah accident yang terjadi di lapangan dengan pihak kepolisian dan pihak masyarakat. Penyelesaian yang akhirnya dapat diselesaikan selama beberapa hari secara baik-baik, dan resolusi win-win solution pun dihasilkan. Tapi sungguh, kalau harus 2-3 kali berurusan dengan hal ini lemas juga, melelahkan untuk melobi kedua pihak di atas.

Dalam dunia pertambangan, apapun yang kita lakukan bila benar adanya tetap akan menjadi salah bila berurusan dengan pihak masyarakat.

Tanya kenapa???

Masyarakat sosial lingkungan tambang merupakan salah satu elemen terpenting dalam suatu tata kelola good corporate governance yang berkaitan dengan community development. Percayalah, kunci lancarnya proses penambangan sangat berkaitan erat dengan approval dari pihak masyarakat lingkungan sekitar tambang. Mereka merupakan ujung tombak jalannya produksi. Ketika elemen ini bermasalah, maka dampak bahaya yang muncul bisa beraneka ragam, the worst scenario nya adalah unjuk rasa yang meminta penghentian proses penambangan sehingga sangat menghambat produksi, bahkan permintaan untuk “angkat kaki” dari daerah mereka.

Solusinya bro….??

Nah ini seharusnya dijawab oleh bagian community development, suatu bagian di dalam tubuh perusahaan pertambangan yang berurusan dengan masyarakat langsung. Tapi kalau boleh sekedar menambahkan, intinya adalah jangan menjadi perusahaan yang terlalu “profit oriented” sehingga mengesampingkan sisi pengembangan masyarakat. Bukannya untung yang didapat, malah jadi buntung karena demo masyarakat.

Beberapa aspek yang juga tidak boleh dilepaskan antara lain :

- Aparat desa, pemerintahan maupun keamanan harus dipastikan mendukung iklim investasi perusahaan .

- Hire sebanyak mungkin masyarakat lokal sehingga mereka juga merasa menjadi bagian dari perusahaan tersebut.

- Melakukan program-program pemberdayaan masyarakat (pelatihan SDM, pembangunan sarana dan prasarana desa, dll).

Ketika hal-hal tersebut telah dilakukan, tinggal masalah teknis yang harus dipikirkan. Nah yang susahnya kalau kedua hal tersebut harus dipikirkan juga, jadilah puyeng, he…

Terkadang lucu juga mendengar keluhan masyarakat. Permintaannya aneh-aneh dan sering menjebak perusahaan. Banyak oknum yang menggunakan paham UUD yaitu untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat (meskipun perusahaan buntung). Nah ini dia yang bikin mumet, harus lebih ekstra lagi berhadapan dengan sosial masyarakat seperti ini, apalagi jika hal ini sudah membudaya.

Yah memang dinamika masyarakat tambang, kalau lagi beruntung ketemu dengan masyarakat yang welcome dengan perusahaan, segala sesuatunya menjadi sangat menyenangkan ke depannya. Sebaliknya jika ketemu dengan masyarakat yang mau benefit terus bahkan kalau perlu dengan kekerasan, fiuuuhhh, satu saran saya, SEMANGAT…!!!!!

About these ads
2 Comments leave one →
  1. Evie permalink
    February 22, 2009 3:32 pm

    Hmm, kesadaran seperti itu bagus untuk diketahui oleh semua orang di dalam sebuah proyek. Sayangnya, banyak yang meremehkan dan mengesampingkan peran komunikasi dan hubungan dengan masyarakat. Baru ketahuan gunanya kalau ada demo. Pengeluaran untuk pengembangan masyarakat seharusnya tidak dianggap sebagai beban, tapi investasi untuk mendukung proyek tetap berjalan tanpa gangguan.

    *maklum pernah mengalami punya PM yang pelit sekali klo mau ngeluarin duit untuk itu hiks* :)

  2. odusnatan permalink*
    February 23, 2009 7:28 am

    @ Evie :
    Setuju bu, kok sepertinya pandangan bu Evi seperti orang comdev yah, he…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: